Analisis Manajemen Risiko Pemasaran Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) pada PT X Kabupaten Sleman

Authors

  • Kiki Juli Ambarwati Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Ayuni Nanda Utami Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Fasya Aqila Abiyyanada Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Fitria Nur Rahmawati Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang

DOI:

https://doi.org/10.55259/jiip.v31i2.52

Keywords:

Diagram Ishikawa, Failure Mode and Effect Analysis, Manajemen Risiko

Abstract

PT X di Kabupaten Sleman merupakan perusahaan nasional retail produk obat kesehatan tradisional asli Indonesia. Berdasarkan identifikasi awal diketahui bahwa PT X di Kabupaten Sleman memiliki isu permasalahan dalam proses pemasaran terutama mengenai aspek pasar, teknis, dan konsumen yang mengakibatkan terjadinya gangguan pemasaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui risiko tertinggi pada proses pemasaran. Pengelolaan ini meliputi indikasi risiko akan terjadinya, dan solusi pemecahannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Diagram Ishikawa dan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Hasil Diagram Ishikawa dilanjutkan dengan penilaian risiko dengan metode FMEA. Dari hasil FMEA diketahui bahwa terdapat 2 potensi penyebab risiko pemasaran yang paling tinggi setelah dilakukan analisa menggunakan Diagram Ishikawa di PT X yaitu ketidaksesuaian antara stok produk dan jumlah produk terjual akibat adanya sistem konsinyasi, dan motivasi kerja customer service direct (CSD) menurun akibat adanya peralihan mode digital. Selain itu, penyebab risiko yang paling dominan yaitu adanya perubahan harga yang berpengaruh pada segmen pasar bawah dan CSD sulit beradaptasi dengan adanya perkembangan teknologi karena memiliki nilai total RPN sebesar 125.

References

Aditya, S. L., Apriyanto, Y. A., & Andayani, S. (2024). Analisis Manajemen Risiko pada CV. Tunas Mandiri. Jurnal Sains Sistem Informasi, 2(2), 54. https://doi.org/10.31602/jssi.v2i2.14620

Ayu Inka Natalia, D., Anggraini, N., & Srihastuti, E. (2024). Analisis Perlakuan Akuntansi Penjualan Konsinyasi dan Pengaruhnya terhadap Laba (Studi Kasus pada Sentra Industri Kreatif Kediri). Neraca Manajemen, Ekonomi, 8(4).

Badariah, N., Sugiarto, D., & Anugerah, C. (2016). Penerapan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Expert System (Sistem Pakar). Seminar Nasional Sains dan Teknologi, November, 1–10.

Ivonne Ayesha, Dhafa Fathurohman Sidiq, & Rosros Rosdiantin. (2023). Mitigasi Risiko Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan House of Risk (HOR) pada Produksi Tomat Beef dengan Hidroponik Sistem Irigasi Tetes. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 530–542.

Muslim, B., Handayani, Dwi I., & Suhandini, Y. (2023). Manajemen Risiko pada Boiler Pembangkit Listrik Tenaga Uap dengan Menggunakan Failure Mode anda Effect Analysis di Pilu Paiton Unit 9. Jurnal Multidisiplin Saintek. 2(1), 1-20.https://ejournal.warunayama.org/kohesi

Pangestuti, D. C., Nastiti, H., & Husniaty, R. (2022). Analisis Risiko Operasional dengan Metode FMEA. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 10(2), 177–186. https://doi.org/10.30871/jaemb.v10i2.3235

Pontororing, P. P., & Andika, A. (2019). Analisis Risiko Aktivitas Pekerjaan Karyawan Perusahaan Ritel dengan Metode FMEA dan Diagram Fishbone. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(1), 1. https://doi.org/10.31599/jki.v19i1.317

Putri, A. F., & Prasetyo, A. H. (2022). Pedoman dan Asesmen Manajemen Risiko pada PT Logistik Nasional Tahun 2022-2023. Journal of Emerging Business Management and Entrepreneurship Studies, 2(2), 176–195.

Siburian, A. N., & Anggrainie, N. (2022). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Brand Image, Brand Ambassador, Diskon, Harga dan Sales Promotion terhadap Pembelian Implusif pada e-Commerce Tiktok Shop Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Mirai Management, 7(3), 176–191.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitiatif (19th ed.). Alfabeta. Bandung.

Suparjo, & Rochman, A. (2018). Manajemen Risiko Operasional pada PT. ABC dengan Menggunakan Metode FMEA. Jurnal Hasil Penelitian LPPM Untag Surabaya, 03(02), 106–112.

Surya, A., Agung, S., & Charles, P. (2017). Penerapan Metode FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) untuk Kualifikasi dan Pencegahan Resiko Akibat Terjadinya Lean Waste. Jurnal Online Poros Teknik Mesin, 6(1), 45–57. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/poros/article/download/14864/14430

Tarigan, R. E. B. dan Sembiring, S. (2024). Peran Manajemen Risiko dalam Mengoptimalkan Proses Pemasaran Roti Aoka pada PT Indonesia Bakery Family. Journal of International Multidisciplinary Research 2(6), 543–546. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr/article/view/639

Wibisono, K., Syah, T. Y. R., Negoro, D. A., & Iskandar, M. D. (2023). Analisis Manajemen Risiko Pemasaran, Operasional, Human Capital, dan Finance pada PT. Agrindo Sumber Harum. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1895–1913.

https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3519

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Ambarwati, K. J., Utami, A. N., Abiyyanada, F. A., & Rahmawati, F. N. (2024). Analisis Manajemen Risiko Pemasaran Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) pada PT X Kabupaten Sleman. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 31(2), 107–115. https://doi.org/10.55259/jiip.v31i2.52

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.