Efektivitas Pembuatan Konten Promosi dengan Bantuan Artificial Intelligence (AI) dalam Promosi Produk Temulawak Instan (Studi Kasus di CV Timoer Sentosa)

Authors

  • Lalu Dhanendra Kharisma Putra Perkasa Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Nur Rohmah Lufti Ayuni Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Hermawan Hermawan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang

DOI:

https://doi.org/10.55259/jiip.v32i1.286

Keywords:

Artificial Intelligence, Promosi, Temulawak Instan, Whatsapp Business

Abstract

CV Timoer Sentosa menggunakan Whatsapp Business sebagai salah satu sarana mempromosikan produknya. Namun, penggunaan media Whatsapp Business dalam promosi produk temulawak instan belum efektif yang ditandai dengan penurunan penjualan dari 1920 ke 1435 buah selama tahun 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat konten promosi dengan bantuan kecerdasan buatan dan mengetahui tingkat efektivitas promosinya. Penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara kepada pemilik usaha dan kuesioner yang disebarkan kepada pembeli produk temulawak instan CV Timoer Sentosa. Hasil penelitian menunjukkan tingkat efektivitas pada tahapan Attention sebesar 87,4%, Interest 86,8%, Desire 89,4%, dan Action 89,3%. Berdasarkan hasil perhitungan efektivitas promosi menggunakan metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) mendapatkan hasil “Sangat Efektif” pada masing-masing tahapan AIDA dengan kategori 80-100%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemasaran produk temulawak instan CV Timoer Sentosa dilakukan dengan membuat konten promosi dengan bantuan kecerdasan buatan terlebih dahulu yang menarik dengan memperhatikan tema, pemilihan gambar, pencahayaan, kata-kata pada konten yang dibuat. CV Timoer Sentosa diharapkan dapat lebih memperhatikan memperhatikan tema, pemilihan gambar, pencahayaan, dan kata-kata pada konten yang dibuat serta memaksimalkan penggunaan Whatsapp Business dalam promosi produk temulawak instan.

References

Adri, D., Eka, R. S., & Asma, H. W. (2024). Penggunaan Microsoft Excel dalam Penyusunan Data dalam Tabel Distribusi Frekuensi. Education and Learning Journal, 5(2), 94-111.

Apriandi, N. D., Soleh, A., & Irwanto, T. (2023). The Effect Of Application Of Aida (Attention, Interest, Desire And Action) On Telkomsel Card Purchase Decisions In Bengkulu City. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 2(2), 189–202.

Azizah, M. Z., Manajemen Bisnis Syariah, J., Ekonomi Dan Bisnis Islam, F., & Islam Negeri Sayyid Ali, U. (2023). Strategi Pemasaran Menggunakan Whatsapp Bisnis Pada Lathifa Shop. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 11–25.

Dwiantari, S., & Slahanti, M. (2022). Media Sosial Whatsapp Bisnis Sebagai Media Promosi Guna Meningkatkan Penjualan Bakmi Jowo Denbagus. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(2), 75–80.

Fadhli, M. (2023). Strategi Pemasaran Perpustakaan Menggunakan Model AIDA. Jurnal UNILIB, 14(2), 105–114.

Fatihah, D. C., & Saidah, I. S. (2021). Model Promosi Marketplace Berbasis Artificial Inteligence (AI) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 8(3), 806–817.

Haryani, D.S., Ratnasari, S.L., Fauzar, S., & Putri, A.S. (2022). Efektivitas Digital Marketing di Era New Normal pada UMKM di Tanjungpinang. SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 554-565.

Hendriyani, C., Dwianti, S.P., Herawaty, T., Ruslan, B., Bisnis, A., Padjadjaran, U., & Bagasasi, S. (2020). Analisis Penggunaan Whatsapp Business untuk Meningkatkan Penjualan dan Kedekatan dengan Pelanggan di PT Saung Angklung Udjo. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 5(2), 193-200.

Iswanto, R., Budiwaspada, A. E., & Saidi, A. I. (2020). Penggunaan Model Aida Untuk Pembentukan Konsep Brand Photo Cabin Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Seni & Reka Rancang, 3(1), 107–115.

Koten, F. P. N., Jufriansah, A., & Hikmatiar, H. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Whatsapp sebagai Media Informasi dalam Pembelajaran: Literature Review. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(1), 72–84.

Pertiwi, S. N., Pardian, P., Trimo, L., & Sadeli, A. H. (2021). Efektivitas Iklan Pada Media Sosial Instagram Kojama Shop Dengan Pendekatan Aida Model. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 299–308.

Putri, L. T., Fitriyani, R. A., & Adawiyah, R. (2021). Tren Teknologi Artificial Intelligence Pengganti Model Iklan Di Masa Depan. Jurnal Sosial-Politika, 2(2), 118–129.

Rahartri. (2019). “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah Di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka, 21(2), 147–156.

Rasyid, M. N., Nasrullah, N., & Sumarni, S. (2021). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Konsumen Di Kota Makassar (Studi Kasus Toko Ramadhan Stationery). Ar-Ribh : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 100–110.

Salsabila, R. S., & Ahmad F. (2022). Pembuatan Media Promosi E-Booklet Company Profile Dengan Menggunakan Canva Pro Untuk Meningkatkan Minat Beli Pada Umkm Radha Scarf Di Bandung. Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(1), 91-96.

Septiawan, R. D., & Yusa, V. De. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Social Media Youtube 3second Tv Terhadap Minat Beli Produk 3second. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 25–33.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sunardi, D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Jabatan Fungsional Perekayasa Terhadap Kinerja Pegawai Balai Besar Aerodinamika, Aeroelastika, dan Aeroakustika BPPT, Setu, Tangerang Selatan. Jurnal Madani (Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Humaniora), 3(1), 151–163.

Syamsudin, R. A. M. R., Perdana, F., Mutiaz, F. S., Galuh, V., Apriliani Putri Ayu, R., Cahyani, N. D., Yanti, R., & Khendri, F. (2019). Temulawak Plant (Curcuma xanthorrhiza Roxb) as a Traditional Medicine. Jurnal Ilmiah Farmako Bahari, 10(1), 51–65.

Tambunan, H.M., & Simanjuntak, M. (2024). Evaluasi Efektivitas Promosi Media Sosial dalam Menarik Konsumen: Studi Kasus Silua Toba. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3),50601-50608.

Tjokrokartono, M.P. (2024). Analisis Efektivitas Konten Instagram dalam Strategi Promosi untuk Design Agency yang Menargetkan Pasar Milenial. Jurnal VICIDI, 14(2), 160-169.

Toreh, C. E., Gantini, T., & Sujadi, S. F. (2023). Analisis Brand Awareness Pada Brownitz Dengan. Jurnal Strategi, 5(1), 263–280.

Yasmir, Ariyanto, M., & Prasetyo, I. (2025). Pengaruh Penerapan Metode AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Minat Beli Konsumen di Shopee. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 3(2), 227-239.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Perkasa, L. D. K. P., Ayuni, N. R. L., & Hermawan, H. (2025). Efektivitas Pembuatan Konten Promosi dengan Bantuan Artificial Intelligence (AI) dalam Promosi Produk Temulawak Instan (Studi Kasus di CV Timoer Sentosa). Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 32(1), 37–46. https://doi.org/10.55259/jiip.v32i1.286

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.