BAURAN PROMOSI OLAHAN DAUN KELOR (STUDI KASUS KWT NGUDI REJEKI DESA TRIRENGGO KECAMATAN BANTUL KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
Keywords:
bauran promosi, olahan kelor, kelompok wanita taniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan secara desriptif promosi online dan offline olahan daun kelor KWT Ngudi Rejeki ditinjau dari faktor produk, pasar, pelanggan dan anggaran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2020 - Juni 2021 di Kalurahan Trirenggo Kapanewon Bantul Kabupaten Bantul. Metode penelitian menggunakan wawancara dan kuisioner. Kajian ini melibatkan 30 responden yang terdiri atas produsen dan konsumen olahan kelor yang dipilih secara sampling jenuh dan accidental sampling. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor produk, faktor pasar, faktor pelanggan dan faktor anggaran dalam promosi offline sedikit lebih tinggi dari promosi online, sehingga tingkat promosi yang lebih efektif mempengaruhi bauran promosi adalah promosi secara offline. Rendahnya promosi online menunjukkan bahwa perlu adanya sosialisasi tentang promosi online menggunakan facebook agar dapat meningkatkan promosi online.
References
Ahyuna, Hamzah, M. D., & HM, M. N. (2013). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 3040. http://journal.unhas.ac.id/index.php/k areba/article/view/346
Gujarati, D., & Porter, D. (2010). Desain Kemasan Produk. April, 16.
Ishak, A. (2012). Guru honorer swasta merasa dianaktirikan. Jurnal Siasat Bisnis, 16(2), 141154. https://posmetropadang.co.id/guru- honorer-swasta-merasa-dianaktirikan/
Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian, 21(1), 18.
Krisnadi, A Dudi. (2015). Edisi revisi maret 2015. Kelor Super Nutrisi.
Saputra, M. I. T. (2016). (Studi Kasus pada PT Hero Sakti Motor Gemilang Pusat Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1), 191199. https://media.neliti.com/media/public ations/87321-ID-pengaruh-biaya- bauran-promosi-terhadap-o.pdf
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). ALFABETA CV.
Tharob, G. F., Mingkid, E., & Paputungan, R. (2017). Analisis Hambatan Bisnis Online Bagi Mahasiswa Unsrat. Acta Diurna, 6(2), 4.
Widayati, K. D. (2018). Implementasi SWOT Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada PT Roti Nusantara Prima Cabang Jatiasih, Bekasi. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 2092016. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index. php/widyacipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.