Pengaruh Personal Selling dan Brand Image terhadap Penjualan Jamu Modern di PT Naturindo Surya Niaga

Authors

  • Muhammad Hanif Ashari Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Endah Puspitojati Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Hermawan Hermawan Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang

DOI:

https://doi.org/10.55259/jiip.v31i1.40

Keywords:

Citra merek, Penjualan perseorangan, Jamu modern

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh personal selling dan brand image terhadap tingkat penjualan produk jamu modern di PT Naturindo Surya Niaga. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Maret 2023 sampai dengan bulan Juni 2023 di PT Naturindo Surya Niaga di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tingkat penjualan produk di PT Naturindo Surya Niaga; 2) Mengetahui tingkat personal selling dan brand image perusahaan; 3) Mengetahui secara parsial pengaruh variabel personal selling dan brand image terhadap tingkat penjualan produk jamu modern;4) Mengetahui secara simultan pengaruh variabel personal selling dan brand image terhadap tingkat penjualan produk jamu modern di perusahaan. Metode penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan alat analisis regresi linear berganda. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka didapatkan hasil bahwa tingkat penjualan produk masih rendah dan dari dua variabel (personal selling) dan (brand image) yang telah diuji membuktikan bahwa keduanya tidak berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap tingkat penjualan. Ruang lingkup variabel yang sempit menjadi faktor utama mengapa keduanya tidak berpengaruh meskipun dalam pelaksanaannya kedua variabel telah dijalankan dengan baik.

References

Budihardja. (2022). Pengaruh Identitas Merek, Citra Merek, dan Kepercayan Merek terhadap Loyalitas pada Konsumen Sepatu Nike di Jakarta. Jurnal manajemen.

Chandra, D. S., & Matondang, M. A. M. (2019). Pengaruh Personal Selling Terhadap Volume Penjualan Produk Pada Pt. Mestika Mandiri Medan. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 949.

Firmansyah. (2020). Komunikasi Pemasaran (T. Q. Media (ed.); pertama, Vol. 21, Issue 1). CV. Penerbit Qiara Media. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Hartanto, S., & Narissa, A. (2023). Modernisasi Jamu Agar Tetap Relevan Dengan PASAR ( Studi Kasus : Acaraki Jamu & Suwe Ora Jamu ). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Desain & Aplikasi Bisnis Teknologi (SENADA), 5, 19–29.

Hemamalini. (2019). Penerapan Personal Selling sebagai Strategi Pemasaran pada PT.Luna Sentosa Gemilang Indonesia. Jember: Repository Universitas Jember

Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Mulyani. (2016). Tumbuhan Herbal Sebagai Jamu Pengobatan Tradisional Terhadap Penyakit Dalam Serat Primbon Jampi Jawi Jilid I Moshinsky, Marcos. Jurnal Penelitian Humaniora, 21, 73–91.

Onsardi, E, E., Yulinda, A. T., & Megawati. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5, 10–19.

Prastiwi. (2016). Menguji Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Repurchase Intention pada Produk Mie Instan Indomie di Indonesia. Jurnal Eka Cida, 1, No.1, 96-109.

Salatoen, M. R., Widowati, I., & Santosa, A. (2015). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Volume Penjualan Jamu Herbal (Studi Kasus pada PT Perusahaan Jamu Tradisional Dr.Sardjito). Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 16. No.2, 63–77.

Sugiono. (2018). Metode Penulisan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wardiani, R. A., & Purwanto, S. (2022). Pengaruh Personal Selling, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Jenius Bank BTPN. BBM (Buletin Bisnis & Manajemen), 8(2), 81.

Downloads

Published

2024-07-30