Analisis SWOT dalam Meningkatkan Efektivitas Strategi Pemasaran P4S X Kabupaten Kulon Progo
DOI:
https://doi.org/10.55259/jiip.v31i2.51Keywords:
Analisis SWOT , Herbal , Minuman Tradisional , Strategi PemasaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran P4S X Kabupaten Kulon Progo menggunakan analisis SWOT. P4S X merupakan UMKM di bidang agribisnis yang fokus pada pengolahan dan pemasaran minuman herbal tradisional berbahan dasar tanaman obat sejak tahun 1998. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan pemilik P4S X. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa P4S X memiliki kekuatan berupa kemudahan pemesanan, armada transportasi memadai, hubungan baik dengan mitra, jangkauan distribusi luas, serta produk bersertifikasi. Namun, kelemahan yang diidentifikasi adalah peralatan produksi yang masih manual dan pemasaran online yang terbatas. Peluang yang dapat dimanfaatkan meliputi kemajuan teknologi, meningkatnya minat masyarakat terhadap jamu tradisional, serta berkembangnya bisnis online. Ancaman yang dihadapi adalah persaingan produk sejenis, harga kompetitif, dan kondisi ekonomi yang belum stabil. Berdasarkan analisis ini, disusun strategi SO, WO, ST, dan WT untuk memanfaatkan peluang, mengatasi kelemahan, mengelola ancaman, serta memaksimalkan kekuatan demi meningkatkan efektivitas pemasaran P4S X.
References
Fauzani, M., Akramiah, N., & Sutikno, B. (2018). Analisis Swot Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Produkpt. Karunia Sentosa Plastik. Jurnal EMA, 3(2), 104–117. https://doi.org/10.47335/ema.v3i2.31
Fortino, I., Pradhanawati, A., & Prihatini, A. E. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis
SWOT pada Industri Konveksi Tas CV. Gerhatas. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(2), 151–160. https://doi.org/10.14710/jiab.2022.34205
Hendrawan, H. (2021). Analisa SWOT dan STP (Segmentasi, Tertarget, Posisi) terhadap Strategi Pemasaran Digital pada Usaha Mikro – Bunda Culinary. Jkbm (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 127–138. https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i2.4505
Malonda, P. M., & Moniharapon, S. (2019). Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Rumah Makan Bakso Baper Jogja Swot Analysis in Determining Marketing Strategies At the Jogja Baper Meatball Restaurant. Loindong 3827 Jurnal EMBA, 7(3), 3827–3836.
Nina Rezeki Amalia, Farida Yulianti, & Abdul Kadir. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (Menggunakan Analisis SWOT). Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 41–48. https://doi.org/10.61132/rimba.v1i3.85
Suryatman, T. H., Kosim, M. E., & Samudra, G. E. (2021). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Analisis
Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Sepatu Adidas Di Pt. Panarub Industry. Journal Industrial Manufacturing, 6(1), 43. https://doi.org/10.31000/jim.v6i1.4117
Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2013). Analisis SWOT sebagai landasan dalam menentukan strategi pemasaran ( studi McDonald’s Ring Road ). Jurnal Media Informasi Manajemen, 1(4), 1–10.
Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran (studi kasus di kantor pos Kota
Magelang 56100). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 58-70.
Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis Angelica Tamara. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.
Widiyarini, W., & Hunusalela, Z. F. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan T Primavista Solusi. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 384. https://doi.org/10.30998/jabe.v5i4.4186
Yunus, I. (2021). Strategi Pemasaran Industri Konveksi Menggunakan Analisis “SWOT.” Jurnal Ilmiah Ecobuss, 9(2), 95–99. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v9i2.784
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arini Dara Pitasari, Leony Leony, Khairunnisa Nisa, Nur Rohmah Lufti A'yuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.